Friday 12 June 2015

Fungsi Tembang Macapat

fungsi tembang macapat



sejak awalnya macapat itu telah menduduki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat jawa . betapa tidak ? di depan telah di papar kan bahwa saa timbulnya macapat , masyarakt jawa  mengalami revolusi kebudayaan secara besar besaran . Khusunya dalam budaya Tata-Kota ,Macapat merupakan suatu motto yang sangat berarti bagi pengaturan bangunan dalam kehidupan masyarakat . Ternyata dikemudian hari berubah menjadi "tata kumpul" manusia(manusia merapat) dalam upacara ritualnya.
Ketika Macapat telah berubah menjadi lagu(tembang) kemudian terisi muatan muatan kalimat yang bersifat Pendidikan rohani . Diantara berisi ajaran "jalan untuk menemukan kebenaran " yaitu jalan untuk mencapai kesempurnaan.
hal ini sangat ditandaskan oleh sultan Hanyonkro Kusuma Mataram di dalam mendidik anak cucu dan keluarga bangsawan yang berada di lingkungan kerajaan,
beliau mengatakan sera"Sastra Gendhing" nya berupa tembang tembang macapat  , dengan pupuh-pupuhnya sinom ,asmaradana ,dandang gula,pangkur dan durma.
Tembang itu berisi ajaran tentang kejiwaan ,tata-susila,keagamaan dll.

sumber:Kongres Bahasa Jawa II

No comments:

Post a Comment